SIARAN LUAR ( OUTSIDER BROADCAST )

 Kita terlibat dalam 2 macam OB:
  1. Ada yang selama siarannya tanpa bisa dikontrol sinyal dan hanya mendes-kripsikan atau merekam kejadian-kejadian, dalam kasus ini kita adalah penonton atas nama khalayak kita, misalnya: laporan siaran olah raga.
  2. atau yang memang kita promosikan lebih dulu, sebagai program yang sudah dirancang, acra dan penyajiannya dimungkinkan dengan khalayak, contoh: acara calon bintang penyanyi dari suatu lokasi.
Apakah siaran-siaran itu langsung disiarkan, atau direkam dulu untuk kemudian disiarkan pada masa yang akan datang.

  1. LAPORAN O.B-KOMENTAR
Tujuannya: membawa khalayak kedalam gambaran apa yang tengah dilaporkan pada siaran luar ini, dengan anggapan bahwa, pendengar itu seperti tidak melihat. Caranya, jelaskan segala sesuatunya secara runtut. Dan Jaga alur pikir pendengar.

Keberhasilan sebuah komentar terletak pada persiapan, yang untuk ini perlu cukup waktu. Jadi sebelum siaran:
  • Mencari rangkaian peristiwa dimana peristiwa itu terjadi,pukul berapa,siapa yang melakukannnya, mengapa....maksud dibalik peristiwa masa lalu, sejarah dari suatu tempat atau suatu peristiwa.
  • Mengunjungi suatu tempat dan ambil gambarnya; kenanglah sampai Anda dapat mengingatnya dengan menutup mata.
  • Waktu siaran, semua imformasi ini harus dimasukkan dalam komentar: tidak melemparkannya dalam potongan-potongan yang lepas. Apa yang terjadi adalah yang pertama---tetapi menambah latar belakang,dan menafsirkan apa yang terjadi, menjadi siaran yang lebih baik MENARIK.
  • Menyiapkan diri untuk kemungkinan penundaan, ketika tidak ada peristiwa terjadi. Carilah alternatif-alternatif apa yang terjadi ( jika hujan misalnya ).
PADA HARI SIARAN
  • Suatu urutan yang baik untuk mengatur laporan pandangan adalah: gambaran umum yang diikuti oleh gambar depan (foreground), dan diikuti dengan close-up yang lebih rinci.
  • Mencari yang luar biasa, berbeda ( distinctive ), gambaran yang jelas yang memberi warna untuk komentar.
  • Menghindari penggunaan kata-kata dan frase-frase yang berlebihan, dan beberapa yang diwarnai dengan bujukan, hal yang mencari muka, atau emosi diluar batas.
  • Berhati-hati dengan efek suara dan makna yang menempel didalamnya.
  • Ambillah keuntungan yang penuh dari kejadian-kejadian yang spontan dan tidak direncanakan.
  • Memaparkan gambaran seseorang: wanita tua yang merokok dengan pipanya, kekejaman yang digambarkan kembali. Dan reaksi-reaksi individu. Kita semua manusia, dan orang-orang yang berbeda mencipta suatu kerumunan masa (crowd). Beberapa orang kecewa, dan beberapa orang bersorak-sorai.
  • Pembukaan dan penutupan Anda harus direncanakan dan ditulis agar sekaligus bermakna isyarat-isyarat. Hal-hal itu juga harus kuat...dan rapi untuk menciptakan perhatian dan meninggalkan kesan yang baik. Tapi, lakukan dengan gladi agar hal-hal tersebut terdengar seperti "pertama kali".
PETUNJUK
  • Seperti dalam setiap hal siaran,apa yang Anda katakan harus akurat. Fakta-fakta harus diperiksa pada waktu persiapan; juga detil-detil pandangan.... Anda tidak dapat membodohi penonton dengan membawa radio transistor.
  • Ingatlah bahwa kita menciptakan gambar, untuk orang yang tidak dapat mengikuti kejadian. Dan orang-orang suka mendengar tentang orang-orang lain.
  • Miliki materi yang lebih banyak daripada yang Anda duga untuk digunakan; tapi pilihlah yang lebih baik.
  • Milikilah catatan pada karton yang keras, jangan bertumpu pada ingatan, susun yang logis dan detail-detail harus akurat.
  • Buatlah suara Anda tampil dengan sedikit ekstra; apabila pada tingkat kebisingan meningkat. Kadang-kadang mengontrol kesenangan itu diperlukan, kadang-kadang perasaan tegang, kadang pelan-pelan (jedah bisa membantu semua ini). 


 2. PROMOSI SIARAN (Siaran-siaran diluar)
  • Tanpa khalayak, sama dengan siaran distudio dengan tantangan-tantangan ekstra dari akustik, kontrol dan fasilitas. Menampilkan diri pada acara publik dengan khalayak, menjadikan kita seorang "wirausahawan" (entrepreneur).
  • Pendekatan kita pada aspek tambahan ini harus terencana dengan baik dan sama profesionalnya dengan siaran.
  • Kitameletakan diri kita sendiri dalam pertunjukan, jadi CITRA publik dari organisasi kita adalah suatu tonggak.
  • Kitaenugasi diri kita sendiri dengan pekerjaan yang berat membuat santapan untuk DUA KHALAYAK: Khalayak rumah (mayoritas) dan penonton (orang yang mungkin telah membayar uang--untuk diiklankan).
PERENCANAAN:
  • Jajaki seluruh cara kerja dalam pikiran Anda
  • Gambarkan bagaimana seluruh pengoperasian akan terlihat
  • Bayangkan bagaimana seluruh penyajian akan terdengar.
  • Daftarlah semua langkah-langkah dalam detil: termasuk batas waktu.
  • Aturlah kewajiban dan komunikasikan informasi yang perlu, Dalam Tulisan.


Semoga bermanfaat.......
berbagai sumber

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kaltengpos Radio ( Kpfm 101 Mhz )