SIARAN LUAR ( OUTSIDER BROADCAST )
Kita terlibat dalam 2 macam OB:
Keberhasilan sebuah komentar terletak pada persiapan, yang untuk ini perlu cukup waktu. Jadi sebelum siaran:
2. PROMOSI SIARAN (Siaran-siaran diluar)
Semoga bermanfaat.......
berbagai sumber
- Ada yang selama siarannya tanpa bisa dikontrol sinyal dan hanya mendes-kripsikan atau merekam kejadian-kejadian, dalam kasus ini kita adalah penonton atas nama khalayak kita, misalnya: laporan siaran olah raga.
- atau yang memang kita promosikan lebih dulu, sebagai program yang sudah dirancang, acra dan penyajiannya dimungkinkan dengan khalayak, contoh: acara calon bintang penyanyi dari suatu lokasi.
- LAPORAN O.B-KOMENTAR
Keberhasilan sebuah komentar terletak pada persiapan, yang untuk ini perlu cukup waktu. Jadi sebelum siaran:
- Mencari rangkaian peristiwa dimana peristiwa itu terjadi,pukul berapa,siapa yang melakukannnya, mengapa....maksud dibalik peristiwa masa lalu, sejarah dari suatu tempat atau suatu peristiwa.
- Mengunjungi suatu tempat dan ambil gambarnya; kenanglah sampai Anda dapat mengingatnya dengan menutup mata.
- Waktu siaran, semua imformasi ini harus dimasukkan dalam komentar: tidak melemparkannya dalam potongan-potongan yang lepas. Apa yang terjadi adalah yang pertama---tetapi menambah latar belakang,dan menafsirkan apa yang terjadi, menjadi siaran yang lebih baik MENARIK.
- Menyiapkan diri untuk kemungkinan penundaan, ketika tidak ada peristiwa terjadi. Carilah alternatif-alternatif apa yang terjadi ( jika hujan misalnya ).
- Suatu urutan yang baik untuk mengatur laporan pandangan adalah: gambaran umum yang diikuti oleh gambar depan (foreground), dan diikuti dengan close-up yang lebih rinci.
- Mencari yang luar biasa, berbeda ( distinctive ), gambaran yang jelas yang memberi warna untuk komentar.
- Menghindari penggunaan kata-kata dan frase-frase yang berlebihan, dan beberapa yang diwarnai dengan bujukan, hal yang mencari muka, atau emosi diluar batas.
- Berhati-hati dengan efek suara dan makna yang menempel didalamnya.
- Ambillah keuntungan yang penuh dari kejadian-kejadian yang spontan dan tidak direncanakan.
- Memaparkan gambaran seseorang: wanita tua yang merokok dengan pipanya, kekejaman yang digambarkan kembali. Dan reaksi-reaksi individu. Kita semua manusia, dan orang-orang yang berbeda mencipta suatu kerumunan masa (crowd). Beberapa orang kecewa, dan beberapa orang bersorak-sorai.
- Pembukaan dan penutupan Anda harus direncanakan dan ditulis agar sekaligus bermakna isyarat-isyarat. Hal-hal itu juga harus kuat...dan rapi untuk menciptakan perhatian dan meninggalkan kesan yang baik. Tapi, lakukan dengan gladi agar hal-hal tersebut terdengar seperti "pertama kali".
- Seperti dalam setiap hal siaran,apa yang Anda katakan harus akurat. Fakta-fakta harus diperiksa pada waktu persiapan; juga detil-detil pandangan.... Anda tidak dapat membodohi penonton dengan membawa radio transistor.
- Ingatlah bahwa kita menciptakan gambar, untuk orang yang tidak dapat mengikuti kejadian. Dan orang-orang suka mendengar tentang orang-orang lain.
- Miliki materi yang lebih banyak daripada yang Anda duga untuk digunakan; tapi pilihlah yang lebih baik.
- Milikilah catatan pada karton yang keras, jangan bertumpu pada ingatan, susun yang logis dan detail-detail harus akurat.
- Buatlah suara Anda tampil dengan sedikit ekstra; apabila pada tingkat kebisingan meningkat. Kadang-kadang mengontrol kesenangan itu diperlukan, kadang-kadang perasaan tegang, kadang pelan-pelan (jedah bisa membantu semua ini).
2. PROMOSI SIARAN (Siaran-siaran diluar)
- Tanpa khalayak, sama dengan siaran distudio dengan tantangan-tantangan ekstra dari akustik, kontrol dan fasilitas. Menampilkan diri pada acara publik dengan khalayak, menjadikan kita seorang "wirausahawan" (entrepreneur).
- Pendekatan kita pada aspek tambahan ini harus terencana dengan baik dan sama profesionalnya dengan siaran.
- Kitameletakan diri kita sendiri dalam pertunjukan, jadi CITRA publik dari organisasi kita adalah suatu tonggak.
- Kitaenugasi diri kita sendiri dengan pekerjaan yang berat membuat santapan untuk DUA KHALAYAK: Khalayak rumah (mayoritas) dan penonton (orang yang mungkin telah membayar uang--untuk diiklankan).
- Jajaki seluruh cara kerja dalam pikiran Anda
- Gambarkan bagaimana seluruh pengoperasian akan terlihat
- Bayangkan bagaimana seluruh penyajian akan terdengar.
- Daftarlah semua langkah-langkah dalam detil: termasuk batas waktu.
- Aturlah kewajiban dan komunikasikan informasi yang perlu, Dalam Tulisan.
Semoga bermanfaat.......
berbagai sumber
Komentar
Posting Komentar